Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan tinggal beberapa hari lagi. Semua kalangan, dari pemain, pelatih, pangamat, komentator, pecinta, fans, penggemar, penonton sampai media dan bandar taruhan telah memiliki jagoan dan prediksi masing-masing tentang tim Negara mana yang akan keluar sebagai juara dunia. Termasuk saya, seorang penonton biasa, tahun ini kembali memfavoritkan Tim Azzuri Italia untuk kembali menjuarai FIFA World Cup 2010. Argumentasi saya sederhana saja, yaitu karena Tim Nasional Italia tahun ini kembali didominasi oleh pemain asal Juventus FC. Marcelo Lippi, yang juga salah satu allenatore sukses Juventus, berulang kali menegaskan akan membawa pemain-pemain Juventus, terlepas dari prestasi buruk Juventus musim ini.

Dominasi pemain Juventus inilah yang menjadikan alasan kuat bagi saya untuk menjagokan Italia. Dalam sejarah di Piala Dunia, dominasi pemain Juventus hampir selalu berbuah manis bagi Italia. Italia telah sebanyak 4 kali menjuarai Piala Dunia, yaitu tahun 1934, 1938, 1982 dan 2006 ketika pemain-pemain Juventus berperan dominan dalam timnas. Tahun 1934 tercatat 9 dari 11 starting line-up berasal dari squad Juventus. Tahun 1938 tercatat dua orang pemain Juventus menjadi tumpuan permainan Azzuri. Tahun 1982 enam pemain Juventus hamper selalu mengisi lapangan permainan Italia. Dan yang terakhir Piala Dunia 2006, empat hingga lima pemain Juventus turun dalam starting eleven. Berikut ini daftar pemain Juventus yang berperan besar mempersembahkan empat piala tersebut bagi Italia: (http://kasjoy.multiply.com)

  • 1934 FIFA World Cup (9); Giampiero Combi, Virginio Rosetta, Luigi Bertolini, Felice Borel, Umberto Caligaris, Giovanni Ferrari, Luis Monti, Raimundo Orsi dan Mario Varglien
  • 1938 FIFA World Cup (2); Alfredo Foni dan Pietro Rava
  • 1982 FIFA World Cup (6); Dino Zoff, Antonio Cabrini, Claudio Gentile, Paolo Rossi, Gaetano Scirea, dan Marco Tardelli
  • 2006 FIFA World Cup (5); Fabio Cannavaro, Gianluigi Buffon, Mauro Camoranesi, Alessandro Del Piero, dan Gianluca Zambrotta

Dan untuk Piala Dunia 2010, dari 29 pemain yang telah dipanggil untuk melakukan pemusatan latihan di Borgesiana sebanyak sembilan orang berasal dari Juventus yaitu Gianluigi Buffon (Kiper); Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini, Fabio Grosso dan Nicola Legrottaglie (Bek); Mauro German Camoranesi, Antonio Candreva dan Claudio Marchisio (midfilder); dan Vincenzo Iaquinta (Penyerang). Dari sembilan nama tersebut sebanyak tujuh pemain, yaitu Buffon, Cannavaro, Chiellini, Grosso, Camoranesi, Marchisio dan Iaquinta sudah hampir dipastikan mengisi squad 23 pemain yang akan dibawa Lippi ke Afrika Selatan. Belum lagi masih terbuka peluang bagi Alessandro Del Piero dan Calvalho Amauri untuk kembali dipanggil Lippi.

Inilah tanda-tanda yang akan meninggikan mental juara Gli Azzuri, yang menurut saya layak untuk dijadikan argument dalam menjagokan Italia. Bagaimana dengan anda? Terserah anda! Yang jelas ini bukanlah mitos, tetapi catatan empiris (biasa begitu, tapi belum tentu benar). Selamat menyaksikan FIFA World Cup 2010.

Disclaimer:

Ini hanyalah catatan seorang penggemar sepakbola yang menganggap sepakbola itu sebatas hiburan dan permainan, serta menjadi penggemar Juventus dan Timnas Italia.