Ujian Nasional SMA tahun 2010 telah berlalu dan hasilnya pun telah diumumkan. Kesibukan teman-teman SMA (kecuali yang belum lulus) sekarang umumnya terfokus pada upaya untuk mendapatkan kampus idaman untuk menuntut ilmu selanjutnya. Salah satu yang ditunggu adalah pengumuman pendaftaran USM Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Setidaknya, jika mengacu tahun lalu total jumlah pendaftar STAN berkisar 85 ribu pendaftar.

Rabu, 28 April 2010 kemarin pengumuman pendaftaran USM STAN 2010 resmi dirilis. Syarat dan prosedur pendaftaran USM STAN tahun 2010 ini relatif tidak banyak berbeda dengan syarat pendaftaran tahun 2009. Syarat nilai hasil ujian pada ijazah tetap minimal 7,00 (bukan hasil pembulatan) dan syarat usia tetap maksimal 21 tahun per 21 September 2010. Sedangkan prosedur pendaftaran hanya sedikit berubah pada proses pengisian formulir pendaftaran yang sekarang dilakukan secara manual, tidak secara online seperti tahun lalu.

Perubahan signifikan hanya terjadi biaya pendaftaran yang mengalami kenaikan yang lumayan besar, yaitu sebesar 50%. Eits! jangan buru-buru protes dengan kenaikan itu karena biaya pendaftaran naik belum tentu menjadikan pendaftaran USM STAN menjadi mahal. Persentase kenaikan boleh 50%, tetapi secara nominal hanya Rp 50 ribu. Ya, biaya pendaftaran USM STAN naik dari Rp 100 ribu menjadi Rp 150 ribu. Biaya ini sama dengan biaya pendaftaran SNMPT untuk program IPA/IPS, tetapi lebih rendah dari biaya SNMPT untuk program IPC. Sekedar informasi, biaya pendaftaran USM tidak tidak mengalami kenaikan sejak tahun 2002 meskipun telah terjadi kenaikan BBM sebanyak empat kali. Semoga kenaikan biaya pendaftaran USM STAN ini masih mampu dijangkau oleh semua lapis ekonomi!!!!

Note: KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN USM STAN TAHUN 2010