Facebook, jejaring sosial yang dalam satu tahunan terakhir ini tumbuh sangat cepat sekali dan menembus top rank situs paling sering dikunjungi di seluruh dunia. Jejaring sosial besutan anak muda bernama Mark Zueckenberg ini telah memiliki pengguna puluhan bahkan ratusan juta orang, dari anak-anak sampai kakek-kakek. Saya sendiri sampai saat ini belum pernah menjadi penggunanya. Sebagai sebuah media komunikasi. tentu facebook memiliki sisi positif dan negatif, tergantung bagaimana pengguna memakainya. Pertimbangan positif-negatif inilah saya berpikir belum sangat urgen untuk memiliki account facebook. Tentunya lain orang akan lain pertimbangan mengenai sisi positif-negatif ini. Berikut ini beberapa informasi tentang facebook yang layak untuk dipertimbangkan, baik pengguna, calon pengguna maupun yang belum tertarik untuk menjadi pengguna. Tidak lain tujuannya agar siapa pun dapat hati-hati dan bijaksana ketika menggunakan facebook, sehingga hanya hal-hal positif yang akan dipetik:

Ingin Kerja? Hati-hati Saat Facebookan
Sumber: http://www.inilah.com tanggal 20 Agustus 2009 update pukul 17:11

Peringatan bagi para pencari kerja. Penelitian baru mendapati, hampir setengah pemberi kerja meneliti calon pegawainya lewat Facebook.Bahkan 35% perusahaan menolak pelamar berdasarkan informasi yang didapat di jejaring sosial itu.Survei itu dilakukan oleh CareerBuilder, yang baru saja meluncurkan jejaring sosial bagi pencari kerja.

Jadi apa yang menjadi dasar penolakan itu? Perusahaan mempertimbangkan foto yang tidak layak di Facebook, kebiasaan minum minuman keras serta penggunaan narkotika. Tulisan dengan kosa kata yang tidak baik juga menjadi pertimbangan.Penelitian itu menyarankan profil di Facebook harus bebas hal-hal yang memalukan. Mempelajari setting privacy Facebook secara lebih baik juga sangat disarankan.Beberapa situs termasuk Wired Geek Dad menyediakan cara pengamanan privacy secara lebih ketat.[ito]